Sharing informasi buat para pembaca, semoga bermanfaat.

Rabu, 11 Oktober 2017

Tempat Wisata Kuliner terpopuler di Gorontalo

Gorontalo yang menyimpan banyak destinasi wisata dan kulinernya yang menjadikan daerah ini selalu dikunjungi para wisatawan. Sektor pariwisata di Gorontalo juga ditunjang dari wisata kulinernya yang banyak dan menarik. Tak heran jika banyak wisatawan setiap hari keluar masuk Gorontalo hanya demi mencicipi kulinernya yang khas dan menikmati wisata lainnya.


Gorontalo dikenal akan tingkat kepedasan makanannya yang menggunakan banyak cabai rawit, rempah-rempah, hingga merica yang dapat membuat lidah anda terbakar. Banyak sekali tempat makan yang ada di Gorontalo yang populer, khas, unik, dan tentunya dengan harga terjangkau. Untuk anda kami berikan referensi Tempat Wisata Kuliner terpopuler di Gorontalo yang dapat anda coba.
Tempat Wisata Kuliner terpopuler di Gorontalo.

Binte Biluhuta.
Salah satu penghasil jagung terbesar berada di Gorontalo. Maka tak heran jika anda menemukan banyak makanan yang berbahan dasar dari jagung. Salah satunya dimanfaatkan untuk membuat kuliner khas Gorontalo yaitu Binte Biluhutan. Binte artinya jagung dan Biluhuta artinya disiram, maka arti dari Binte Bulihutan yaitu jagung yang disiram. Binte Biluhuta menggunakan bahan pelengkap seperti sayur-sayuran, suwiran ikan cakalang, jagung, parutan kelapa. Untuk menambah cita rasanya anad dapat menambahkan bahan pelengkap seperti irisan tomat, daun bawang, kemangi, cabe dan perasan jeruk lemon suwanggi dan ditambah dengan terong rebus.

Sate Tuna.
Sate yang ada di Gorontalo ini menggunakan daging tuna untuk dibuat sate. Sate Tuna paling enak disantap dengan nasi panas yang ditambah sambal roa yang super duper pedes yang dijamin akan menjadi pengalaman kuliner anda di Gorontalo yang tidak terlupakan.

Karena Gorontalo adalah penghasil ikan tuna yang banyak. Menjadikan penduduknya berkreasi untuk menghadirkan masakan khas yang hanya dapat ditemukan di Gorontalo.

Kue Sabongi.
Untuk anda yang sedang mencari camilan teman ngopi di Gorontalo, cobalah mencicipi Kue Sabongi khas Gorontalo. Kue Sabongi dibuat dari campuran singkong dan pisang sebagai bahan utamanya. Memang makanan ini terlihat sederhana, namun cita rasa yang khas dari Kue Sabongi sangat lah enak dan anda hanya bisa menemukannya di Gorontalo saja.

Tili Aya.
Tili Aya merupakan makanan khas Gorontalo yang hanya digunakan untuk acara-acaa tertentu saja. Namun, jika anda ingin merasakannya cobalah untuk membuat sendiri karena bahan-bahan dan cara pembuatannya cukup mudah. Bahan utamanya dari gula merah, santan, dan telur kemudian dikukus sampai matang.

Ilabolu.
Makanan khas yang satu ini bernama Ilabolu. Kuliner yang satu ini mungkin anda sudah tidak asing lagi karena bentuknya seperti pepes yang ada dibeberapa daerah nusantara. Namun ternyata anda salah, Ilabolu terbuat dari bahan utamanya sagu dan ati ayam sebagai isiannya, serta santan yang menghasilkan cita rasa yang berbeda dengan pepes. Anda dapat menemukan Ilabolu di beberapa tempat makan di Gorontalo.

Es Brenebon.
Kuliner Gorontalo yang terakhir yang harus anda coba adalah Es Brenebon. Es Brenebon ini bukan hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan untuk anda. Es Brenebon terbuat dari bahan utama berupa kacang merah yang mengandung kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan Vitamin B yang dapat mencegah kolesterol, mencegah terkenanya diabetes, serta membantu proses pembekuan darah pada luka. Selain itu, bagian yang paling menyegarkan di Es Brenebon menggunakan es serut, susu, dan sirup yang manis dan segar. Jika anda berlibur ke Gorontalo, kuliner yang satu ini tidak boleh terlewatkan.

Masih banyak Tempat Wisata Kuliner terpopuler di Gorontalo yang harus anda coba. Jangan lewatkan kesempatan liburan anda dengan tidak mencicipi kuliner dari Gorontalo yang enak dan lezat. Cita rasa yang khas dan sajian yang unik dapat mengugah selera makan anda seketika. Demikian Daftar Tempat Wisata Kuliner di Gorontalo yang kami berikan untuk anda. Happy holiday.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tempat Wisata Kuliner terpopuler di Gorontalo